Featured Post
SURAT DARI IWAN UNTUK TUHAN

IWAN adalah seorang preman yang baru insyaf. Ingin berusaha jujur dan ingin mengenal Tuhan. Ketika sedang merintis kehidupan baru yang lu...

Rabu, 04 Mei 2016

Memiliki Gadget : Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup

Dunia Gadget / smartphone atau handphone pintar yang canggih dewasa ini memang bukanlah sesuatu barang yang dianggap terlalu mewah, walaupun  masih ada pembagian "kelas" untuk beberapa segmen pasar.

Namun kalau dilihat dari fungsinya ya sama saja. Tidak terlalu signifikan perbedaannya, mungkin pada teknologi 4G saja yang sekarang tengah berkembang saat ini disini padahal di luar sana sudah termasuk teknologi yang sudah lama. Kecuali ada gadget baru dengan teknologi "hologram" misalnya, atau teknologi "teleportasi" yang muncul, baru itu revolusi teknologi namanya.(katanya sih sudah ada ??). hehehe..

Perkembangan dunia Tekhnologi yang sangat cepat dengan persaingan yang sangat berat diantara produsen perangkat gadget, pada sisi konsumen memang membawa keuntungan. Kita dapat memilih gadget dengan pilihan yang sesuai berdasarkan beberapa pertimbangan, salah satunya adalah harga. Konsekuensinya semakin canggih, semakin mahal. Akan tetapi berbanding terbalik dengan waktu, karena semakin lama sejak kemunculannya, harganya semakin menurun walaupun belum tentu dikatakan murah dan disebut canggih pada awalnya. :)

Anda mungkin dapat melakukan beberapa pertimbangan bila saat ini Anda berencana untuk membeli gadget baru. Pada umumnya selain masalah harga, ada pertimbangan mengenai performance (menyangkut kecepatan, kestabilan dan ketahanan), selain itu ada pertimbangan "stylish" (elegan, mewah, dan gaya). 
Belum tentu satu gadget berharga murah memiliki performance yang jelek, ataupun gadget yang mahal selalu terlihat gaya dan mewah.

Dari segi kualitas, sebenarnya tidaklah terlalu berpengaruh karena tergantung pemakaian dan perlakuan kita terhadap gadget kita. Hampir semua produk saat ini di produksi sebagiannya dengan suku cadang dari belahan dunia "ketiga" untuk menekan biaya produksi sehingga dapat dijual dengan harga bersaing. Sebagian lagi karena menang merk tentunya.

Produk dari negeri "kungfu" atau lokal pun sekarang semakin bersaing dengan negeri "bule" dan sudah tidak asal asalan lagi, tetap dengan harga yang saling bersaing dan tampilan beragam.

Anda yang memiliki mobilitas tinggi, memiliki gadget untuk keperluan kerja ataupun bisnis membutuhkan gadget dengan kemampuan performance yang baik. Adapun Anda yang ingin berpenampilan stylish bisa menggunakan gadget yang stylish pula.

Semua tergantung Anda sendiri. Karena slogan "Harga Tak Pernah Salah" masih kuat berlaku.  Akan tetapi jangan kecil hati, karena kita harus ingat juga dengan slogan "Hidup Adalah Pilihan" yang terbaik bagi Anda, itulah pilihan Anda. 

Saran saya sih, Anda tetap berbuat bijak, selama belum terlalu penting untuk mengganti gadget, ya baiknya di tunda dahulu. Bila sangat mendesak ya beli dengan kroscek terlebih dahulu menyangkut spesifikasi dan harga si produk.

Dan jangan lupa juga, ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu untuk selalu bersedekah bila memiliki rejeki lebih karena masih banyak saudara saudara disekitar kita yang masih hidup dibawah "kelayakan" dari segi finansial yang perlu kita perjuangkan untuk menaikan kehidupan mereka. Karena bagi mereka, jangankan membeli gadget atau gonta ganti gadget, untuk kebutuhan makan pun mereka kesulitan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar