Featured Post
SURAT DARI IWAN UNTUK TUHAN

IWAN adalah seorang preman yang baru insyaf. Ingin berusaha jujur dan ingin mengenal Tuhan. Ketika sedang merintis kehidupan baru yang lu...

Selasa, 17 November 2015

Cara mengatasi Smartphone Sering Hang dan Restart Sendiri

https://www.babarkata.com/2015/11/cara-mengatasi-smartphone-sering-hang.html

Kemajuan tekhnologi komunikasi sekarang memang sudah pada tingkat yang tinggi walaupun setiap produsen dan pengembang perangkat lunak (software) terus mengembangkan tekhnologinya sampai pada tingkat yang tak terbatas lebih canggih, semua dibuat untuk user friendly dan menopang segala kebutuhan komunikasi dan tekhnologi terapan pada aktifitas sehari hari.

Beragam smartphone atau gadget sekarang ini yang beraneka ragam merk dan software pendukungnya menyebabkan kita memiliki banyak pilihan untuk menentukan smartphone apa yang ingin dipakai sesuai dengan kemampuan keuangan ataupun sesuai kebutuhan akan penggunaanya.

Akan tetapi secanggih apapun perangkat tetap memiliki kelemahan karena berkaiatan dengan ketahanan perangkat keras (hardware) dan resiko konflik antar perangkat lunak (software) atau aplikasi.

Pada umumnya yang sering kita keluhkan bila smartphone atau gadget kita telah lama dipakai adalah sering terjadinya hang atau restart sendiri. Pada umumnya smartphone yang sering hang dan restart sendiri adalah disebabkan terjadinya overload CPU, Memory RAM dan GPU. Anda tidak perlu langsung buru-buru untuk membawanya ke tempat servis, sebelum Anda mencoba beberapa solusi di bawah.

Untuk menghindari terjadinya hang dan restart sendiri ialah dengan mengurangi beban aplikasi pada ponsel Anda, semakin banyak aplikasi yang terinstall semakin banyak beban yang harus ditanggung smartphone Anda.

Overload penggunaan CPU, Memory RAM dan GPU, ialah dimana Anda sering menggunakan aplikasi yang butuh CPU dan Memori RAM yang dijalankan secara bersamaan dan hardware smartphone Anda tidak mampu menjalankan aplikasi tersebut sehingga langsung hang atau mati sendiri. Disisi lain bahwa seiring berjalannya waktu dan usia pemakaian hardware  tidak akan bisa bekerja dengan maksimal atau terjadi penurunan performa. Jika bukan karena Overload dan hardware lemah maka biasanya terjadi crash software aplikasi, bisa disebabkan karena penginstallan tidak sempurna, update software, dsb.

Ada beberapa solusi untuk mengatasi persoalan tersebut diatas dari yang cara yang sederhana sampai alternatif pamungkas.

1.    Atur kapasitas memori penyimpanan Anda terutama penyimpanan internal untuk menyisakan ruang maksimal 10 persen dari kapasitas maksimum memori penyimpan dan tidak melebihinya

2.    Atur aplikasi yang bekerja terus didalam memori untuk tidak seluruhnya aktif bila tidak digunakan kecuali aplikasi yang benar-benar penting buat Anda untuk berkirim atau menerima pesan atau email dan telpon. Caranya dengan menonaktifkan aplikasi sementara pada setelan (setting) aplikasi dengan mengklik force to stop (berhenti). Kemudian lepas centangan notifikasinya. Aplikasi ini akan otomatis bekerja kembali bila Anda mengklik icon aplikasinya. Selama tidak digunakan maka aplikasi ini tidak berfungsi.

3.    Hapus penggunaan cache secara berkala terutama bila sering membuka aplikasi games, pemutar video atau musik secara online karena ketiga macam aplikasi ini paling besar. Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa aplikasi jejaring sosial yang besar memakan cache memori misalnya Facebook, WhatsApp atau BBM, maka Anda harus secara bijak mengaturnya. 

Cara menghapus cache adalah dengan membuka setelan (setting) aplikasi, pilih aplikasinya dan klik Clear Cache (bersihkan memori cache). Bila Anda tidak ingin repot Anda bisa menggunakan aplikasi Cache Cleaner  atau sejenisnya yang banyak pilihannya di aplikasi store. Akan tetapi sebelum menginstall programnya Anda lihat dahulu kapasitas memori penyimpanan bila sedikit maka Anda harus membuang / meng-uninstall beberapa file yang tidak penting di memori Anda atau menggunakan memori eksternal yang masih banyak kosong.

4.   Uninstall / hapus beberapa aplikasi yang memberatkan atau jarang dipakai.

5.   Hard reset adalah langkah terakhir yang diambil bila keempat cara diatas telah ditempuh dan masih terjadi hang. kemudian install aplikasi seperlunya saja.

Sebagai tambahan wawasan bagi Anda, ada beberapa tips bila Anda hendak membeli smartphone baru atau second agar mengantisipasi permasalahan sering hang atau restart sendiri.

Pahami Spesifikasi Smartphone yang Anda pilih
Sebagai konsumen Anda harus benar-benar meneliti spesifikasi smatphone yang ingin Anda pakai sebelum membeli  karena setiap tipe atau jenis smartphone memiliki kemampuan yang berbeda  sesuai dengan dan spesifikasi dan merknya.

Perhatikan RAM
Jika Anda termasuk orang yang gemar berseluncur di dunia maya atau suka dengan aplikasi menarik maka yang harus Anda lakukan adalah mengetahui kapasitas RAM smartphone Anda. Karena banyaknya aplikasi yang Anda gunakan justru akan menghambat kinerja smartphone Anda. Untuk mengatasinya pilihlah ponsel yang punya kapasitas RAM yang besar,  ingat ini ponsel bukan PC.

Demikian Tips mengatasi smartphone yang hang. Semoga Bermanfaat.

Rahmat Saleh

0 komentar :

Posting Komentar