Featured Post
SURAT DARI IWAN UNTUK TUHAN

IWAN adalah seorang preman yang baru insyaf. Ingin berusaha jujur dan ingin mengenal Tuhan. Ketika sedang merintis kehidupan baru yang lu...

Selasa, 10 November 2015

Serie Keutamaan Sahabat Nabi : Umar Ibn Khatab

KEUTAMAAN UMAR BIN KHATTAB

1529 [Bukhari 3679] Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ra dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, "Aku bermimpi memasuki surga, maka di sana aku melihat Rumaisha, istri Abu Thalhah. Aku mendengar derap langkah kaki, kemudian aku bertanya, "Siapa itu?" Para penghuni surga menjawab, "Dia Bilal". Aku juga melihat suatu istana dengan seorang perempuan berada di halamannya, lalu aku bertanya, "Milik siapa ini?" Para penghuni surga menjawab, "Milik Umar". Aku ingin memasuki istana itu untuk melihat-lihat di dalamnya, tetapi kemudian aku teringat bahwa Umar suka cemburu". Mendengar sabda Rasulullah Saw tersebut Umar berkata, "Biar ayah dan ibuku berkurban untuk anda (ungkapan untuk sumpah atau untuk mohon izin bicara), ya Rasulullah, apakah aku akan cemburu kepada Anda?"

1530 [Bukhari 3688] Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Saw mengenai hari kiamat, kemudian beliau balik bertanya: "Apa yang telah kau persiapkan untuk menghadapinya?" Orang itu menjawab: "Tidak ada, kecuali cinta kepada Allah dan Rasul-Nya". Rasulullah Saw bersabda: "Kamu akan bersama orang yang kamu cintai". Kata Anas: Kami tidak pernah merasa gembira seperti ketika mendengar sabda Rasulullah Saw tersebut, yaitu, "Kamu akan bersama orang yang kamu cintai". Kata Anas selanjutnya: Maka aku sangat mencintai Rasulullah Saw, Abu Bakr, dan Umar, dan aku berharap aku bisa bersama mereka kelak di akhirat karena cintaku kepada mereka, meskipun amal baikku tidak sebanyak amal baik mereka.


1531 [Bukhari 3689] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, "Di kalangan Bani Israil dulu terdapat beberapa orang yang diberi ilham/petunjuk tentang agama dan mereka itu bukan Nabi. Jika umatku ada yang seperti itu, maka salah satunya adalah Umar".

0 komentar :

Posting Komentar