Featured Post
SURAT DARI IWAN UNTUK TUHAN

IWAN adalah seorang preman yang baru insyaf. Ingin berusaha jujur dan ingin mengenal Tuhan. Ketika sedang merintis kehidupan baru yang lu...

Rabu, 04 November 2015

TIPS CARA MENGATASI KEJENUHAN BEKERJA



Rasa jenuh mungkin saat ini sedang atau pernah Anda alami dan secara tidak sadar Anda pun pernah mengatasinya. Rasa jenuh ini biasanya dilanda terhadap seseorang yang mengalami suatu kondisi rutinitas yang sama setiap saatnya apapun bentuknya tidak diukur berdasarkan umur, profesi ataupun kondisinya.

Mengapa demikian?. Misalkan bila kita melihat pada segi profesi seseorang. Seorang berprofesi artis atau pemain musik pasti akan merasakan jenuh bila setiap saat harus tampil apalagi kalau sampai memakan waktu berhari-hari, akan tetapi pada saat lain ia akan merasakan rileks bila didepan komputernya pada saat senggang. Begitupun jika seorang berprofesi seorang pekerja kantor yang setiap harinya di depan komputer pasti akan merasakan jenuh pada saatnya, akan tetapi pada saat dia bermain musik ataupun bernyanyi bak artis maka dia akan merasakan rileks, merasakan sensasi yang hanya bisa dirasakan oleh dirinya sendiri. Hal yang sama juga akan terjadi pada seorang anak, seorang ibu rumah tangga, seorang murid atau mahasiswa, seorang pendidik, seorang pejabat bahkan seorang ustadz sekalipun. Tentu saja setiap orang berbeda caranya untuk mengatasi rasa kejenuhan itu sendiri.
Berikut ini dirangkumkan secara umum cara-cara mengatasi rasa jenuh yang biasa dilakukan oleh setiap orang, yang mudah-mudahan menjadi tips bagi Anda yang saat ini sedang jenuh.

Meluangkan Waktu untuk beristirahat sejenak

Hal yang utama dalam mengatasi kejenuhan adalah Anda mengupayakan meluangkan waktu sejenak untuk meredam tingkat stress Anda. Caranya Anda bisa membuat secangkir teh misalnya, atau dengan rileksasi menarik nafas dalam dalam dan keluarkan secara perlahan sampai Anda merasa segar.

Meluangkan waktu untuk melakukan Ibadah atau berdoa

Merasakan dekat Sang Pencipta merupakan obat stress yang paling manjur. Rasakan kepasrahan yang mendalam terhadap rasa kasih sayang Sang Maha Pengasih dan Penyayang kedalam diri Anda. Bagi Anda yang Muslim bisa melakukan ibadah shalat baik wajib maupun sunah ataupun berdoa sesuai kepercayaan Anda masing-masing.

Meluangkan waktu berkomunikasi dengan keluarga

Apakah Anda selama menjalani rutinitas sehari-hari karena kesibukan Anda sampai lupa dengan anak sendiri misalnya atau pasangan Anda?. Tentu saja bukan hal yang baik bila sampai kejadian demikian. Anda bisa sejenak berkomunikasi melaui telpon atau gadget Anda dengan keluarga Anda sejenak bila Anda jauh. Bila dekat dengan keluarga maka sapalah mereka, berkomunikasi sejenak.

Meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang sekitar Anda

Lantas bagaimana halnya bila seseorang selalu melakukan hal tersebut no. 3 diatas akan tetapi masih jenuh. Bukalah pikiran Anda untuk meluangkan waktu bersosialisasi dengan orang-orang disekitar Anda. Bisa rekan seprofesi, tetangga Anda, ataupun orang lain sekitar Anda yang dianggap baik untuk mengobrol sejenak. Ini adalah bentuk silaturahmi dalam Islam yang diajarkan oleh para guru dan ustadz yang dimuliakan oleh Allah.

Meluangkan waktu sejenak untuk menata tempat kerja

Berdasarkan pengalaman orang banyak ini salah satu hal yang bisa menghilangkan kejenuhan. Misalnya Anda seorang pekerja kantor yang setiap hari didepan komputer, ketika Anda mengambil lap atau sapu untuk membersihkan meja atau lantai meja Anda sendiri maka saat itu Anda akan merasakan rileks pada diri Anda. Kemudian membereskan tata letak buku, komputer dsb. Tidak hanya bergantung kepada petugas kebersihan yang dapat Anda mintai tolong, tapi lakukanlah oleh diri Anda sendiri. Ini bukan hal yang terhina yang dapat menjatuhkan wibawa Anda akan tetapi satu jalan untuk menunjukan semua jenis pekerjaan adalah mulia dan Anda sendiri akan hilang rasa jenuhnya. Tentu saja hal ini harus dipertimbangkan dengan melihat waktu dan keadaan pada saat itu.

Meluangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda senangi

Barangkali hal ini tidak pelu saya uraikan panjang, karena jalan ini yang paling mudah asalkan tidak mengganggu privasi orang lain maka lakukan saja. Anda bisa mengambil waktu disaat Anda libur atau bisa juga mengambil cuti tahunan. Misalnya pergi shopping atau sekedar jalan jalan, bisa juga pergi bertamasya. Ajaklah keluarga Anda atau teman terbaik Anda untuk pergi bersama.

Beralih profesi

Bila Anda merasakan kejenuhan atas pekerjaan Anda saat ini setelah bertahun-tahun Anda jalani misalnya, salah satu cara yang efektif adalah dengan beralih profesi dari yang saat ini Anda lakukan. Hanya saja perlu pertimbangan yang mendalam untuk melakukan hal ini. Anda harus menggunakan perencanaan yang matang dengan persiapan yang baik bila saat hal ini akan Anda lakukan. Pilihlah profesi yang Anda suka dan membuat diri Anda senang.

Berhijrah atau pindah

Bila Anda merasakan kejenuhan atas kondisi dan situasi suatu tempat, maka Anda bisa melakukan hijrah. Dalam hal ini Anda berhijrah disesuaikan dengan kemampuan Anda. Berhijrah bisa dalam bentuk perpindahan tugas Anda ke tempat lain (mutasi) yang bisa Anda ajukan ke atasan Anda. Berhijrah juga bisa dalam bentuk pindah rumah dsb.

Demikian kiat-kiat untuk menghilangkan rasa jenuh yang pada intinya semua lebih banyak pada upaya untuk meluangkan waktu bila Anda senang dengan profesi dan situasi Anda saat ini seperti hal-hal yang tersebut diatas. Adapun dua point terakhir dilakukan bila Anda merasakan kejenuhan yang luar biasa terhadap profesi, situasi dan kondisi tempat Anda saat ini.
Semoga bermanfaat.
_________________________________________
Rahmat Saleh 

0 komentar :

Posting Komentar